• SMP INFORMATIKA BINA GENERASI
  • Sekolah Pilihan Siswa Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Berakhlak Mulia

Cucurak Seluruh Siswa SMP IBG ~ Marhaban Yaa Ramadhan ~

Siswa melaksanakan penilaian Sumatif Tengah Semester (STS). 

Suasana siswa sedang melaksanakan penilaian Sumatif Tengah Semester (STS).

 08 Maret 2024 - Di hari terakhir Sumatif Tengah Semester (STS) Genap 2023/2024, kegiatan siswa SMP IBG diawali dengan Shalat Dhuha dan Doa Bersama kemudian dilanjutkan dengan cucurak dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan.

 ~ Shalat Dhuha dan Doa Bersama ~


Setiap hari jumat pagi pukul 07.00 siswa siswi SMP IBG melaksanakan kegiatan pembiasaan shalat dhuha bersama di mushola H. Amya SMP IBG. Bertindak selaku imam pada hari ini yaitu Ustadz Pepen yang dilanjutkan dengan membaca doa dan zikir bersama-sama seluruh siswa.

Tujuan diadakannya shalat dhuha adalah untuk membentuk karakter religius siswa agar gemar melaksanakan shalat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah shalat dhuha. Selain itu shalat dhuha juga bermanfaat untuk membuka pintu rezeki, mempermudah jalan dalam mencapai tujuan hidup.

Ibu Hj. Ita Agustina Dewi, S.E. selaku kepala sekolah menyampaikan bahwa, "Pembiasaan Shalat Dhuha dan Zikir bersama ini akan terus dilaksanakan secara rutin terjadwal. Selain karena kegiatan ini sejalan dengan Visi dan Misi sekolah, juga terbukti membawa dampak positif bagi peserta didik. Kegiatan pembiasaan melaksanakan Shalat Dhuha ini sebagai bentuk penanaman nilai-nilai Akidah dan pengenalan terhadap tata cara Ibadah bagi siswa" jelasnya.

Yang berbeda kali ini yaitu selesai sholat dhuha berjamaah ada sedikit tausiyah dari Guru PAI Bu Wati, S.Pd.I yang menyampaikan tentang Amalan Manyambut Datangnya Bulan Ramadhan kemudian doa bersama menjelang bulan Ramadhan.
Selesai kegiatan, seluruh siswa membereskan perlengkapan shalat dan kembali ke kelas masing-masing untuk mengambil persiapan cucurak bersama.

 ~ Cucurak Bersama ~

Dilansir dari Budaya Indonesia, dalam bahasa sunda, cucurak atau curak-curak memiliki arti 'senang-senang' atau 'bersenang-senang'.

Cucurak merupakan tradisi khas yang berasal dari kebudayaan Sunda khususnya di Kabupaten dan Kota Bogor. Cucurak menjadi bagian tak terpisahkan dalam menyambut bulan Ramadhan. Keluarga besar SMP IBG yang terdiri dari siswa, guru, dan staf turut melaksanakan tradisi ini. Kegiatan berlangsung di lapangan sekolah, setiap kelas mengatur makanan yang dibawa untuk dimakan bersama-sama.

 

 

 

Kegiatan positif ini dilakukan guna memperkuat silaturahmi dan keakraban seluruh stakeholder sekolah serta sebagai bentuk antusias dan kegembiraan warga sekolah dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H.
(DA)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Buletin Ramadhan SMP IBG

Bismillah.  Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda : "Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-se

13/03/2024 08:48 WIB - Administrator
Buletin Ramadhan SMP IBG

Bismillaahirrahmaanirrahiim Marhaban ya Ramadhan... Bagi umat muslim, bulan Ramadhan menjadi bulan yang spesial dengan suasana yang hangat dan sayang untuk dilewatkan. Saat bulan Ramadh

12/03/2024 08:27 WIB - Administrator
Ratusan Siswa Kelas 6 SD/MI se-Bogor Raya Mengikuti Try Out Akbar 2024 di SMP IBG

Bogor, 03 Februari 2024 - Sebanyak 826 siswa dari 28 sekolah SD/MI se-kota/kab. Bogor mengikuti Try Out Akbar Tahun 2024 yang digelar SMP Informatika Bina Generasi. Pelaksanaan Try Out

14/02/2024 22:39 WIB - Administrator
Study Tour Siswa Kelas 8 Tahun Ajaran 2023/2024

Salah satu program kegiatan sekolah pada tahun ajaran 2023/2024 yaitu karya wisata (study tour) yang bertujuan memberikan pengalaman dan pembelajaran di luar kelas (outing class) bagi s

14/02/2024 20:11 WIB - Administrator
Peringatan Isra' Mi'raj sebagai Upaya Pembentukan Akhlak dan Karakter Siswa SMP IBG

Jum'at, 02 Februari 2024 - Bulan Rajab merupakan bulan di mana kita dapat mengingat, merenung, serta memetik hikmah atas terjadinya peristiwa yang sangat luar biasa yaitu peristiwa Isra

02/02/2024 21:10 WIB - Administrator