• SMP INFORMATIKA BINA GENERASI
  • Sekolah Pilihan Siswa Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Berakhlak Mulia

Study Tour Siswa Kelas 8 Tahun Ajaran 2023/2024

Salah satu program kegiatan sekolah pada tahun ajaran 2023/2024 yaitu karya wisata (study tour) yang bertujuan memberikan pengalaman dan pembelajaran di luar kelas (outing class) bagi siswa kelas 8 di SMP Informatika Bina Generasi.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 07 Februari 2024 dengan tujuan ke Bandung. Titik kumpul di halaman Kantor Kecamatan Ciomas pada pukul 04.30 WIB, seluruh peserta melaksanakan sholat Subuh berjamaah di masjid. Keberangkatan tepat pukul 05.30 WIB dengan peserta yang terdiri dari 137 siswa dan 33 guru pendamping yang terbagi dalam 3 bus besar. Sebelum berangkat tidak lupa bersama-sama membaca doa naik kendaraan yang dipandu oleh masing-masing koordinator bus.

  

 

Perjalanan studi ini memiliki banyak manfaat antara lain :

  • meningkatkan keakraban antar siswa
  • mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih menarik
  • mendapatkan pengalaman dengan mengunjungi tempat baru
  • meningkatkan kreativitas siswa
  • menumbuhkan sikap disiplin

Kunjungan kali ini yaitu ke Museum Sri Baduga dan Wisata Sari Ater.

Kota Bandung tak hanya terkenal soal wisata dan kulinernya. Kota Bandung juga dikenal banyak memiliki museum. Salah satunya yaitu Museum Sri Baduga yang berada di Jalan BKR.Tepatnya di seberang Taman Tegallega Kota Bandung. Museum Sri Baduga merupakan museum yang menyimpan peninggalan-peninggalan dari Jawa Barat. 

Koleksi pada Museum Sri Baduga banyak memamerkan berbagai macam benda bersejarah dan benda antik yang bernilai seni tinggi. 

 

Beragam benda tersebut terdiri dari beberapa koleksi, seperti koleksi arca pada zaman megalitik, pakaian adat, rumah, perkakas, permainan, dan alat musik tradisional.

 

Di Museum Sri Baduga, para siswa diberikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang berisi pertanyaan seputar informasi yang disampaikan pemandu dan berdasarkan pengamatan langsung. Siswa sangat antusias mengunjungi tempat-tempat yang ada di sana, mulai dari ruang audio visual, koleksi yang berkaitan dengan zaman purba, koleksi budaya, serta ruang tempat menyimpan benda-benda kuno dan karya seni yang lebih bernilai dibanding koleksi lainnya.

 

 

 

Selesai berkeliling di setiap area Museum Sri Baduga, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang lalu sholat jamak berjamaah Dzuhur dan Ashar. Para siswa sudah diajarkan lebih dahulu mengenai niat dan tata cara melaksanakan sholat jamak qashar beberapa waktu sebelum keberangkatan study tour.

Perjalanan dilanjutkan kembali dengan tujuan berikutnya yaitu Wisata Pemandian Air Panas Sari Ater di Subang.

 

Sari Ater ialah tempat pemandian air panas alami yang berada di bawah Gunung Tangkuban Perahu. Lokasinya sangat luas sekali, dan merupakan kawasan pemandian air panas terbesar yang ada di Jawa Barat.

Luas Sari Ater ini mencapai 30 hektar dan berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, sehingga udara yang dirasakan pun sangat sejuk. Dan semua kolam berisikan air panas yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu.

 

Selain bertujuan untuk rekreasi, mandi air panas juga berfungsi sebagai terapi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sumber mata air panas juga mengandung belerang atau sulfur dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

 

Puas bermain air dan berendam air panas, tiba waktunya untuk kembali ke Bogor. Sebelum pulang, seluruh peserta study tour melaksanakan sholat jamak berjamaah Maghrib dan Isya yang dipimpin oleh Pak Ustad Shihab. Kemudian diberikan waktu berbelanja oleh-oleh di area parkir bus wisata sari ater untuk dibawa pulang. (DA)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Buletin Ramadhan SMP IBG

Bismillah.  Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda : "Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-se

13/03/2024 08:48 WIB - Administrator
Buletin Ramadhan SMP IBG

Bismillaahirrahmaanirrahiim Marhaban ya Ramadhan... Bagi umat muslim, bulan Ramadhan menjadi bulan yang spesial dengan suasana yang hangat dan sayang untuk dilewatkan. Saat bulan Ramadh

12/03/2024 08:27 WIB - Administrator
Cucurak Seluruh Siswa SMP IBG ~ Marhaban Yaa Ramadhan ~

  Suasana siswa sedang melaksanakan penilaian Sumatif Tengah Semester (STS).  08 Maret 2024 - Di hari terakhir Sumatif Tengah Semester (STS) Genap 2023/2024, kegiatan siswa

08/03/2024 16:00 WIB - Administrator
Ratusan Siswa Kelas 6 SD/MI se-Bogor Raya Mengikuti Try Out Akbar 2024 di SMP IBG

Bogor, 03 Februari 2024 - Sebanyak 826 siswa dari 28 sekolah SD/MI se-kota/kab. Bogor mengikuti Try Out Akbar Tahun 2024 yang digelar SMP Informatika Bina Generasi. Pelaksanaan Try Out

14/02/2024 22:39 WIB - Administrator
Peringatan Isra' Mi'raj sebagai Upaya Pembentukan Akhlak dan Karakter Siswa SMP IBG

Jum'at, 02 Februari 2024 - Bulan Rajab merupakan bulan di mana kita dapat mengingat, merenung, serta memetik hikmah atas terjadinya peristiwa yang sangat luar biasa yaitu peristiwa Isra

02/02/2024 21:10 WIB - Administrator