• SMP INFORMATIKA BINA GENERASI
  • Sekolah Pilihan Siswa Cerdas, Kreatif, Inovatif, dan Berakhlak Mulia

Wisata Angkot SMP IBG ke Makam Keramat Empang dan PUSTAKA Kementan RI

23 Januari 2024 - Sesuai dengan agenda kegiatan sekolah pada semester genap ini, seluruh siswa kelas 9 SMP Informatika Bina Generasi (IBG) melakukan outing class wisata rohani ke Makam Habib Empang dan wisata literasi ke PUSTAKA Kementan RI.

Kegiatan outing class dilakukan untuk memberikan manfaat diantaranya, menambah pengetahuan dan kecintaan peserta didik terhadap lingkungan sekitar, mengurangi kejenuhan dalam belajar, merangsang kreativitas, meningkatkan motivasi belajar, dan lain sebagainya. 

Makam Habib Empang

Dalam wisata rohani ke Makam Habib Empang, para siswa memperoleh penjelasan tentang sejarah dan karomah Al-Habib Abdullah bin Mukhsin Al-Athas dan keturunan Beliau yang saat ini mengelola area Makam Keramat Empang Bogor. 

Wisata rohani ke Makam Habib Empang bertujuan untuk mengetahui sejarah dari Masjid Empang dan Habib Empang. Selain itu, silaturahmi ke Makam Habib Empang untuk berdoa, mendoakan yang sudah meninggal, dan mengharapkan keberkahan. 

Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Kementan RI

Pada awal pendiriannya PUSTAKA merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor yang memiliki fungsi menyediakan literatur bidang botani untuk para peneliti tamu yang melakukan penyelidikan botani daerah tropis. 

Perpustakaan dan Pengetahuan Pertanian Digital (P3D) memiliki beberapa layanan yakni Layanan Perpustakaan Digital, Media Pembelajaran Masyarakat, Keanggotaan Perpustakaan, e-Resources, Learning Space, Co-working Space, Audio Visual, Virtual Literacy.

 

Dalam kunjungan ke PUSTAKA Kementan, siswa melakukan library tour dengan mengenalkan keberadaan perpustakaan dan cara memanfaatkan sumber daya perpustakaan.

 

Pada kegiatan ini siswa mendapat kesempatan untuk melihat proses pencucian buku, scaning, penjilidan, lalu menonton film di ruang audio visual dan juga membaca buku di ruang baca.

Pentingnya kegiatan outing class bagi siswa kelas 9 untuk menambah pengetahuan dan pengalaman belajar di luar kelas, penyegaran dari aktivitas belajar di sekolah serta dapat memperoleh informasi langsung dari sumbernya. (DA)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Buletin Ramadhan SMP IBG

Bismillah.  Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda : "Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-se

13/03/2024 08:48 WIB - Administrator
Buletin Ramadhan SMP IBG

Bismillaahirrahmaanirrahiim Marhaban ya Ramadhan... Bagi umat muslim, bulan Ramadhan menjadi bulan yang spesial dengan suasana yang hangat dan sayang untuk dilewatkan. Saat bulan Ramadh

12/03/2024 08:27 WIB - Administrator
Cucurak Seluruh Siswa SMP IBG ~ Marhaban Yaa Ramadhan ~

  Suasana siswa sedang melaksanakan penilaian Sumatif Tengah Semester (STS).  08 Maret 2024 - Di hari terakhir Sumatif Tengah Semester (STS) Genap 2023/2024, kegiatan siswa

08/03/2024 16:00 WIB - Administrator
Ratusan Siswa Kelas 6 SD/MI se-Bogor Raya Mengikuti Try Out Akbar 2024 di SMP IBG

Bogor, 03 Februari 2024 - Sebanyak 826 siswa dari 28 sekolah SD/MI se-kota/kab. Bogor mengikuti Try Out Akbar Tahun 2024 yang digelar SMP Informatika Bina Generasi. Pelaksanaan Try Out

14/02/2024 22:39 WIB - Administrator
Study Tour Siswa Kelas 8 Tahun Ajaran 2023/2024

Salah satu program kegiatan sekolah pada tahun ajaran 2023/2024 yaitu karya wisata (study tour) yang bertujuan memberikan pengalaman dan pembelajaran di luar kelas (outing class) bagi s

14/02/2024 20:11 WIB - Administrator